Minggu, 11 September 2011

Review IGOS Nusantara 2011 R6.0.1a

Beberapa waktu yang lalu, saya membuka CD-CD yang pernah saya buat dan saya menemukan sebuah CD Linux dengan icon bendera merah putih, saya pun kembali mencobanya, karena udah lupa terakhir saya gunakan kapan! Itulah IGOS-Nusantara, salah satu Linux karya Anak Bangsa. Setelah saya liat, saya jadi tertarik, waktu itu saya gunakan adalah IGOS-Nusantara 2010. Saya pun menggunakannya untuk berbagai aktivitas termasuk untuk browsing di internet. Seperti biasa saya selalu meng-klik “home” pada browser yang saya gunakan dan ternyata yang terbuka adalah www.igos-nusantara.or.id dari sinilah saya mendapatkan banyak informasi.
Dari website IGOS Nusantara tersebut saya diberitahu cara untuk mendapatkan linux yang satu ini secara gratis yang dikirimkan dalam benuk CD/DVD. Saya pun tidak mau ketinggalan, saya langsung request untuk dikirimi juga. Setelah menunggu beberapa lama, akhirnya CD/DVD yang saya reguest sampai juga di tempat saya. Yang dikirimkan versi yang baru (waktu itu) yakni IGOS-Nusantara 2011 (IGN2011) versi R6.0.1a. Setelah saya buka CD/DVD nya saya pun langsung menggunakannya secara live pada NetBook Axioo PICO DJH yang saya miliki. Setelah saya gunakan dan ternyata bagus dan memiliki ciri khas yang tersendiri. Inilah salah satu alasan kenapa ini masih terus dikembangkan sampai sekarang. Adapun tampilannya adalah adalah sebagai berikut.



Setelah menggunakan IGN2011 ini, saya melihat ada banyak aplikasi yang tersedia dan siap untuk digunakan. Inilah linux yang dikembangkan oleh LIPI dalam mendukung semua aktivitasnya dan juga diperuntukkan untuk seluruh warga Negara Indonesia. IGOS-Nusantara meupakan turunan dari Fedora artinya IGOS Nusantara dibuat (diremaster) dari Fedora. Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia dalam aplikasi dan antarmukanya. Untuk membantu warga Negara Indonesia yang ingin menggunakan IGOS Nusatara, dari pihak pengembang yakni LIPI mengirimkankan CD/DVD ke berbagai pihak yang melakukan permintaan (request) dan ini tidak dipungut biaya apapun.
Dari gambarnya dapat kita lihat bahwa IGN2011 ini menggunakan Desktop GNOME versi 3. Aplikasi yang digunakan pun aplikasi yang terbaru semuanya. Inilah salah satu linux yang wajib dapat kita coba. Linux karya anak Bangsa yang begitu variatif dan kreatif. Marilah kita menggunakan Sistem Operasi karya Anak Bangsa. Sistem Operasi yang bebas dan gratis.

Untuk info lebih lanjut mengenai IGOS-Nusantara anda dapat baca selengkapnya di

Salam Indonesia, Salam Ilmu Pengetahuan
Salam IGOS-Nusantara

Tidak ada komentar :

Posting Komentar