Jumat, 28 Desember 2012

Review Linux UGOS 5.04 Gama

Setelah beberapa waktu yang lalu mereview distro dari luar, kali ini kemali lagi dengan distro lokal yang dibuat oleh salah satu kampus yang ada di Yogyakarta yakni Linux UGM Go Open Source (UGOS). Distro Linux UGOS diproyeksikan menjadi tolok ukur perkembangan pemanfaatan penggunaan perangkat lunak bebas/terbuka (open source software) di Universitas Gadjah Mada dan diharapkan mempermudah migrasi OSS di lingkungan UGM. Di samping itu, perkembangan UGOS juga diharapkan dapat membantu/mendukung secara keseluruhan terciptanya masyarakat madani di Indonesia yang bersahaja dalam penggunaan perangkat lunak.
Setelah mendapatkan file ISO nya, saya membuatnya menjadi Live-USB dengan bantuan program MultiSystem. Setelah saya gunakan, berikut ini beberapa ScreenShoot nya yang sempat saya buat.



















Bagaimana menurut anda?
Distro ini dikembangkan oleh Tim UGM Goes Open Source Universitas Gadjah Mada. Distro ini pertama kali dikembangkan berbasis distro Ubuntu 8.04 Hardy Heron, yaitu untuk Linux UGOS 1.0 dan sekarang sudah di dikembangkan lagi bernama Linux UGOS 5.04 menggunakan basis Ubuntu 10.04 Lucid Lynx.
Walaupun menggunakan aplikasi yang terbilang sudah lama bila dibandingkan dengan sekarang, tetapi ini tidak masalah. Toh, distro ini masih bisa digunakan untuk berbagai keperluan kita sehari-hari, dan tentunya masih memadai. Bagaimana mau coba?

Untuk info lebih lanjut mengenai Linux UGOS ini anda dapat baca selengkapnya di :


Salam Linux, Salam UGOS, Salam Gama
Salam Linux UGOS 5.04 Gama

Tidak ada komentar :

Posting Komentar