Sabtu, 08 September 2012

Review Linux Vixta LiveDVD 2009.06

Sebenarnya saya sudah lama memiliki file ISO dari linux yang satu ini, tetapi baru sempat buat tulisan, maklum banyak kesibukan yang memerlukan waktu, padahal waktuku cuma 24 jam sehari semalam. Ya, tidak apa apa lah, lebih baik terlambat, dari pada tidak sama sekali. Untuk linux yang satu ini, saya tidak mendapatkan referensi yang memadai. Tetapi itu tidak masalah, toh, saya suka linux dan selalu mencobanya setiap mendapatkan Distro baru.
Seperti biasa, setiap saya ingin mencoba menggunakan suatu Distro linux, saya selalu menggunakan cara yang saya anggap paling efektif, yakni dengan membuatnya menjadi liveUSB. Ini sudah menjadi kebiasaan saya dalam mencoba dan menggunakan suatu Distro linux. Dengan demikian, saya dapat menghemat biaya. Setelah saya membuatnya menjadi liveUSB, saya pun mencobanya di Netbook saya. Adapun tampilan desktopnya yang sempat saya buat adalah sebagai berikut.


































Setelah melihat tampilan yang ada, ini Distro yang sudah lama, namun memiliki program yang cukup lengkap dan siap untuk dipakai. Sudah banyak aplikasi yang disediakan dari berbagai kategori. Dengan Desktop yang menawan dan dilengkapi dengan Effect Compiz, saya rasa ini cukup lumayan untuk dicoba. Setelah saya melihat tampilannya dan dari segi namanya, ini mirip dengan System Operasi milik Microsoft. Saya tidak tau, ini memang disengaja atau apalah, yang jelas ini namanya Vixta. Sayangnya, saya tidak mendapatkan referensi yang cukup untuk mendukung Distro yang satu ini. Mungkin lain kali, saya akan mencari tentang Distro Vixta ini, apakah masih ada atau sudah berubah menjadi Distro yang lain alias menggunakan nama yang baru. Saya akan mencari tahu itu, semoga saja saya dapat melakukannya dan menemukannya.

Salam Linux, Salam Open Source, Salam Vixta
Salam Vixta Free Open Source

Tidak ada komentar :

Posting Komentar