Senin, 05 Agustus 2013

Review DoudouLinux 1.2 Gondwana

Tidak terasa, sebentar lagi lebaran. Biasanya kalau lebaran kan rame-rame tuh. Banyak yang kumpul, tidak terkecuali anak-anak. Anak-anak kumpul senengnya main. Kesempatan baik nih buat mengenalkan linux kepada mereka. Apalagi linux yang satu ini yaitu DoudouLinux. Bakalan bisa belajar sambil bermain. Karena Distro yang satu ini spesial untuk anak-anak. DoudouLinux untuk kali ini adalah versi DoudouLinux 1.2 Gondwana. Walaupun versi terbaru sudah rilis, tetapi tidak ada salahnya kan, kalau pakai versi DoudouLinux 1.2 Gondwana.
Kali ini berbeda dari biasanya, setelah mendapatkan file ISO-nya, saya pun membuatnya menjadi Live-USB dengan bantuan Program MultiSystem. Semuanya berjalan dengan baik, saya mendapatkan tampilan yang khusus buat anak-anak. Namun, masalah baru saya temukan, sewaktu saya mau membuat ScreenShoot dari tampilannya. Tidak ada program untuk mengambil gambar Desktop, masa review ga ada gambarnya! Setelah melalui berbagai cara, akhirnya saya mendapatkan ScreenShootnya juga. Adapun tampilannya bisa dilihat pada gambar berikut.












Bagaimana menurut anda?
Cukup baik untuk anak-anak. Apalagi anak-anak ingin belajar komputer sambil bermain. Tampilannya cukup sederhana, tetapi dapat memikat anak-anak untuk memakainya. Mulai dari penggunakan Icon sampai Program yang disertakan, didesain khusus untuk anak-anak. Dijamin deh, anak-anak bakalan betah di depan komputer.
Program yang disertakan merupakan program pendidikan, jadi para orang tua, ga usah kwatir. Anak-anak bukan hanya bermain, tetapi sambil belajar. Dengan demikian, pengetahuan anak akan semakin berkembang. Bagaimana menurut para orang tua nie? Bagi yang mau mengajari anaknya bermain sambil belajar dengan komputer, bisa mencoba Distro yang satu ini. Semoga anak-anak semakin tambah cerdas dan pintar.
Catatan Tambahan *) Sewaktu saya mencobanya dengan Live-USB, saya tidak bisa mengambil ScreenShoot dari Desktopnya. Setelah mencoba beberapa cara, akhirnya saya bisa mengambil ScreenShoot tampilannya. Saya mencobanya dengan menggunakan Laptop yang sudah terinstal Sistem Operasi Windows untuk menjalankan Program MobaLiveCD. Dengan demikian, saya bisa mencoba Live CD dengan mudah, dengan hanya menggunakan file ISO yang ada. Seakan-akan kita mencobanya dengan Live CD langsung di komputer. Karena MobaLiveCD - Run your LiveCD on Windows.

Untuk info lebih lanjut mengenai DoudouLinux anda dapat baca selengkapnya di


Salam Linux, Salam DoudouLinux, Salam Gondwana
Salam DoudouLinux 1.2 Gondwana

Tidak ada komentar :

Posting Komentar