Rabu, 22 Mei 2013

Review TeaLinuxOS 5.0 Kukicha Tea

Kali ini saya kembali update blog dengan distro linux yang dikreasikan oleh Dinus Open Source Community (DOSCOM) yang berorientasi pemrograman yang diturunkan dari Ubuntu. Distro ini diberi nama TeaLinuxOS dengan menghadirkan filosofi, “Nikmatnya sebuah racikan”, TeaLinuxOS dikembangkan secara terbuka dan bersama-sama untuk menghasilkan distro Linux pemrograman yang dikhususkan untuk dunia pendidikan. Dengan desktop environment LXDE Tea Linux OS 5.0 Kukicha Tea menghadirkan kecepatan dan kestabilan sistem operasi ini. Untuk rilis kali ini sudah yang ke lima kalinya.
Seperti biasanya, setelah mendapatkan file ISO-nya, saya pun membuatnya menjadi Live-USB dengan bantuan Program MultiSystem. Setelah berhasil, saya pun mencobanya di NoteBook saya ini. Setelah berhasil boot, tampilan desktopnya begitu khas, beda dari yang lain. Adapun tampilanya  yang sempat saya buat dengan ScreenShoot seperti tampak pada gambar berikut.






























Gimana tampilannya cukup unik kan! Dengan menghadirkan desktop LXDE, sudah pasti ringan dan cepat dalam pengoperasiannya. Aplikasi yang disertakan sudah up to date, sebagai contoh LibreOffice yang disertakan sudah versi yang ke-4.0 yang baru dirilis beberapa waktu yang lalu. Untuk rilis kali ini, ada banyak aplikasi yang disertakan dalam berbagai kategori, baik untuk aksesoris, grafis, internet, pemrograman, perkantoran, pendidikan maupun untuk suara & video. Bisa dibilang aplikasi untuk kebutuhan berkomputer sudah disertakan, sehingga kita tidak perlu lagi repot untuk instal-instal program tambahan.
Namun dalam proses pengambilan ScreenShoot kali ini, tidak seperti pada distro yang lainnya. Secara default, program untuk mengambil Cuplikan Layar tidak disertakan, sehingga hanya dapat mengambil ScreenShoot yang sudah terbuka (window yang terbuka saja). Untuk mengambil ScreenShoot untuk Menu Program, saya terlebih dahulu harus menginstalnya. Setelah konfigurasi modem berhasil, saya pun menginstal program untuk mengambil Cuplikan Layar ini. Untungnya bisa dilakukan, sehingga ScreenShoot dalam review kali ini bisa lebih lengkap.
Untuk memasang aplikasi di TeaLinuxOS 5.0 ini cukup mudah, kita bisa memasang lewat program Synaptic Manajer Paket atau melalui TeaLinux Software Center yang sudah disertakan didalamnya, seperti yang saya lakukan pada saat ingin melakukan pengambilan ScreenShoot ini. Selain TeaLinux Software Center yang disertakan juga ada program TeaLinux IDE Installer untuk mempermudah kita dalam menginstal program secara off line (untuk program tertentu saja) untuk kebutuhan pemrograman.
Bagaimana menurut anda? tertarik untuk mencoba! Silahkan di coba dan dirasakan manfaatnya.


Untuk info lebih lanjut mengenai TeaLinuxOS ini anda bisa baca selengkapnya di
Website TeaLinuxOS 
Catatan Rilis TeaLinuxOS 5.0 


Salam Linux, Salam Tea, Salam Kukicha
Salam TeaLinuxOS 5.0 Kukicha Tea

Tidak ada komentar :

Posting Komentar