Minggu, 21 Juli 2013

Review Kubuntu 13.04 Raring Ringtail

Di bulan Ramadan ini, mengisi waktu luang sambil membuat tulisan. Kali ini saya kembali mereview Distro yang sudah tidak asing bagi kita, yaitu Ubuntu. Tetapi, kali ini dengan Desktop yang berbeda setelah sebelumnya LXDE, sekarang dengan Desktop KDE atau lebih dikenal dengan sebutan Kubuntu. Banyak yang suka pakai KDE, karena desktop-nya yang menawan dan tentunya memberikan suasana yang berbeda, apabila dibandingkan dengan Desktop Environment yang lain.
Seperti biasa, setelah saya mendapatkan file ISO-nya, saya pun membuatnya menjadi Live-USB dengan bantuan program MultiSystem. Setelah berhasil saya buat, saya pun mencobanya di NoteBook saya, tetapi tampilannya sedikit kurang pas. Saya pun mencobanya lagi di Laptop, hasilnya cukup menawan. Adapun ScreenShoot yang sempat saya buat pada saat mencobanya, dapat dilihat pada gambar berikut.






























Berikut ini tampilannya pada saat saya coba di NoteBook saya.


Bagaimana menurut anda?
Tampilan Desktop-nya cukup memukau. Itulah yang selalu ditampilan dalam setiap Desktop KDE. Program yang disertakan pun beragam. Ada banyak program yang siap pakai dengan berbagai kategori. Kalau kita ingin menambahkan program, kita dapat menggunakan software manajer yang sudah disertakan. Biasanya kita menemukan software manajer yang kebanyakan di pakai pada Distro linux adalah Synaptic Package Manager, kalau di Kubuntu ini menggunakan Program Muon Package Manager. Secara fungsi Muon dan Synaptic, memiliki fungsi yang sama, hanya berbeda dalam sekilas tampilan saja.
Secara default, juga sudah disertakan sebuah program Krita untuk mengolah gambar, baru kali ini saya menemukan program ini disertakan secara default. Bagi yang suka bermain kartu, sudah disertakan game KPatience yang lumayan banyak. Lumayan buat mengobati kepenatan dalam berkomputer seharian. Bagi yang ingin mencoba Desktop KDE, namun mau yang up date, bisa mencoba Distro yang satu ini.


Untuk info lebih lanjut mengenai Kubuntu ini anda dapat baca selengkapnya di
website


Salam Linux, Salam Kubuntu, Salam Raring Ringtail
Salam Kubuntu 13.04 Raring Ringtail

Tidak ada komentar :

Posting Komentar