Kamis, 03 November 2011

Review KNOPPIX V6.01

Waktu itu saya lagi membuka website ftp yang didalamnya terdapat berbagai jenis file Linux, baik sudah lama maupun yang baru. Dari sini saya mendapatkan Linux KNOPPIX ini. . Saya tertarik untuk mencoba KNOPPIX ini, seberapa jauh aplikasi yang diusungnya. Saya pun bilang ke teman saya untuk men-Download-nya. File-nya kan tidak terlalu besar juga. Seperti biasa, setelah beberapa hari teman saya bilang kalau file ISO-nya sudah di-Download. Saya pun mengambilnya dan membuatnya menjadi live-USB. Setelah saya buat sebagai boot langsung, adapun tampilannya seperti gambar berikut ini.















Setelah melihat tampilannya, cukup sederhana dan tidak banyak aplikasi yang disertakan. Aplikasi yang disertakan hanya aplikasi standart dan sederhana. Sehingga membuat Linux yang satu ini menjadi sangat ringan dan cepet loanding. Namun yang perlu menjadi catatan, bahwa KNOPPIX ini merupakan keluaran tahun 2009, dan cocoknya digunakan pada Personal Computer yang lama . Sehingga komputer lama kita pun bisa digunakan lagi. Karena belum bisa mendeteksi Touch Pad pada NoteBook. Namun Linux yang satu ini memiliki kelebihan yang tidak dimiliki dalam Linux yang lainnya. Dalam aplikasi standart-nya sudah disertakan effect Comfusion Desktop yang memberikan tampilan yang begitu menawan dan mempesona. Effect yang diberikan begitu memukau walaupun sederhana, secara standart ini hanya saya temukan di KNOPPIX ini. Patutlah dicoba jika ingin merasakan tampilan yang begitu indah dan menawan namun yang kita miliki hanyalah komputer Pentium III.


Salam Linux, Salam Pinguin
Salam KNOPPIX

Tidak ada komentar :

Posting Komentar