Minggu, 28 April 2013

Review Linux BIASAWAE v3.0 Daun Muda

Hari ini kembali saya up date blog lagi, kali ini kembali mereview Distro Indonesia dengan program nya yang khas. Distro yang satu ini cukup khas bisa dibandingkan dengan Distro yang lain. Bagaimana tidak! Distro yang satu ini mengusung tema Pendidikan yang didukung dengan aplikasi khasnya yakni Sistem Informasi Sekolah atau lebih dikenal dengan istilah Sisfokol. Distro yang saya maksud yaitu Linux BIASAWAE, pada kesempatan kali ini, saya mereview untuk versi ke tiga nya yang diberi nama alias code name "Daun Muda". Walaupun untuk sekarang ini sudah keluar untuk versi terbarunya (v4.0), namun sampai saat ini, saya pribadi belum mendapatkan untuk versi tersebut. Untuk versi ini (v3.0 red) pun, saya cukup lama mencarinya dan baru ketemu beberapa waktu yang lalu.
Seperti biasa, setelah saya mendapatkan file ISO-nya, saya pun membuatnya menjadi Live USB dengan bantuan aplikasi UNetBootin. Setelah selesai saya buat, saya pun mencobanya di NoteBook saya ini, dan hasilnya dapat dilihat pada ScreenShoot yang sempat saya buat berikut ini.






























Bagaimana menurut anda? Sangat Expresif kan! Secara tampilan tidak jauh berbeda dengan linux-linux yang lain. Namun dalam hal program, distro yang satu ini memiliki sesuatu yang lebih. Distro yang satu ini memiliki program unggulan yakni Sistem Informasi Sekolah atau lebih dikenal dengan sisfokol. Dalam paket ini ada empat jenis sisfokol yakni untuk Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Sekolah Menengah Kejuruan.
Untuk dapat menggunakan dengan baik sisfokol tersebut, anda terlebih dahulu harus mengatur parameter yang ada sesuai dengan kebutuhan anda. Anda dapat menggunakan aplikasi sisfokol tersebut secara gratis, sehingga dapat mengurangi biaya pembelian aplikasi. Namun jika anda membutuhkan konfigurasi tertentu, anda dapat menghubungi pembuatnya untuk membuatnya sesuai dengan permintaan anda. Sisfokol ini memiliki fitur yang cukup lengkap untuk melakukan administrasi buat sekolah.
Selain aplikasi sisfokol tersebut, ada juga aplikasi Sistem Informasi Toko yang dikenal juga sisfo toko. Sisfo toko ini diperuntukkan untuk melakukan administrasi toko. Fitur nya pun lumayan komplit, apalagi ini adalah aplikasi Free Open Sources yang tentunya dapat digunakan secara gratis. Cukup efisien untuk mengurangi biaya pembelian aplikasi untuk melakukan administrasi toko. Aplikasi ini pantas untuk anda coba.
Untuk melengkapi aplikasi yang ada dalam distro yang satu ini, disediakan juga aplikasi Wiki KeluargaPEDIA dan SMS. Aplikasi Wiki KeluargaPEDIA berisi pengetahuan untuk berbagai hal untuk Kehidupan Keluarga dan Rumah Tangga. Sedangkan aplikasi SMS dapat digunakan untuk mengirim dan menerima SMS dari dan ke komputer langsung. Fitur SMS ini pun menggunakan nomor yang ada pada modem yang digunakan.
Bagaimana menurut anda? Cukup praktis kan! Distro yang satu dapat memenuhi kebutuhan kita terutama untuk pendidikan. Mudah-mudahan dengan adanya pengembang yang berdedikasi di dunia pendidikan ini, akan memberikan motivasi dan penggunakan Free Open Sources di Indonesia semakin berkembang. Semoga saja. Semangat Free Open Sources. Semangat Indonesia.

Untuk info lebih lanjut mengenai Linux BIASAWAE ini Anda dapat baca selengkapnya di
Blog Sisfokol
Blog Pengembang
Web Biasawae


Salam Linux, Salam BIASAWAE, Salam Daun Muda
Salam Linux BIASAWAE v3.0 Daun Muda

Tidak ada komentar :

Posting Komentar